bunglonstia

::Trending News ::LifeStyle ::Travelling :: Culinary

Wajah Anda Berjerawat, Coba Perhatikan Dulu Kebiasaan Anda

Wajah Berjerawat, Ketahui Dulu Penyebabnya. Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang bersih, sehat dan halus. Terutama kaum wanita yang sangat memperhatikan keindahan wajah, bisa menjadi bencana tatkala jerawat muncul di wajah. Selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga bisa mengurangi kepercayaan diri anda. Ternyata, jerawat muncul tidak terlepas dari kebiasaan yang sering anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Wajah Anda Berjerawat, Coba Perhatikan Dulu Kebiasaan Anda-bunglonstia.blogspot.co.id
Via: www.vemal*.com

Mau tahu kebiasaan apa saja yang bisa menimbulkan jerawat? atau anda sudah tahu tapi anda malas merubah kebiasaan anda?

Menurut uraian beberapa ahli, penyebab timbulnya jerawat dimuka disebabkan karena kebiasaan berikut ini.


1. Tidur tanpa membersihkan riasan muka

Kemungkinan anda tidak menghapus riasan di muka, karena anda malas membersihkannya. Bisa jadi anda merasa lelah karena sudah seharian beraktivitas dan saat anda pulang ke rumah di malam hari, anda enggan membersihkan bekas riasan dan akhirnya memilih tidur tanpa membersihkan wajah. Nah ini kebiasaan buruk yang perlu anda rubah, pasalnya kebiasaan tidur dengan riasan yang masih menempel hanya akan membuat wajah mudah berjerawat.

"Seseorang yang membersihkan wajah dan mengaplikasikan produk perawatan sebelum tidur akan menikmati proses perbaikan secara menyeluruh dan bangun tidur dengan kulit wajah yang cerah berkilau. Mereka yang tidak melakukan ini akan bangun tidur dengan kondisi kulit wajah mengalami peradangan,jerawatan, dan kusam," jelas dr Hannah Vargas MD, seorang dermatolog.


2. Terlalu sering membersihkan wajah

Membersihkan wajah perlu kita lakukan untuk menghindari masalah di kulit wajah karena wajah kotor baik bekas debu, riasan, bahkan karena minyak berlebihan. Akan tetapi jangan terlalu sering melakukannya.

Menurut dr Emily Wise MD, dokter spesialis jerawat di Krauss Dermatology, ada batasan yang tipis antara membersihkan wajah untuk mencegah jerawat dengan membersihkan wajah untuk membuat kulit iritasi.

"Jangan terlalu sering membersihkan wajah atau menggosoknya. Studi telah menunjukan bahwa membersihkan dengan cara menggosok akan membuat kulit tambah rusak. Bersihkan wajah dua kali sehari. Gunakan produk pembersih yang mengandung benzoyl peroxide untuk mencegah jerawat dengan cepat," saran dr Wise.


3. Kurang Tidur

Mengalami kurang tidur bisa disebabkan beberapa hal, dan yang perlu diperhatikan bahwa anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur, maka kesempatan memiliki muka berjerawat akan terbuka lebar.

" Tidak memiliki waktu tidur yang cukup akan menyebabkan timbulnya jerawat. Malam hari adalah saat dimana kulit memiliki kesempatan untuk melepas racun dan meregenerasi diri dari segala aktivitas yang anda lakukan di pagi dan siang hari. Jika anda tidak membersihkan wajah menjelang tidur, maka Anda mencederai tubuh untuk memiliki waktu memperbaiki dirinya sendiri," tutur dr Vargas.


4. Stres

Stres dapat dipicu berbagai hal, berdampak buruk bagi kesehatan baik secara moral maupun psikis. Bahkan, stres yang dipicu karena hal terkecil sekalipun dapat memicu timbulnya jerawat di muka.

" Saya rasa stres berperan penting dalam munculnya jerawat bagi siapapun. Stres menimbulkan peradangan internal yang menyebabkan jerawat dan tersumbatnya pori-pori pada wajah," jelas dr Vargas.

Disarankan untuk menghindari stres dengan melakukan beberapa kegiatan bermanfaat untuk relaksasi tubuh maupun pikiran, seperti melakukan yoga, meditasi, ataupun aroma terapi.


5. Pola makan yang buruk

Mengudap ditengah malam, mengkonsumsi alkohol, hanya akan menciptakan masalah pada kulit wajah. Kebiasaan tersebut dapat memicu tumbuhnya jerawat di usia 20 tahunan ,kata Dr Vargas. Menurut dr Wise, konsumsi produk susu dan gula juga dapat memicu timbulnya jerawat. Sehingga anda perlu mengatur pola makan anda ke arah yang lebih baik.

"Jika Anda mau mencoba mengurangi konsumsi produk susu atau mengatur diet untuk mengurangi indeks glisemik, saya rasa ini boleh saja. Namun, saya tidak memprediksi cara ini akan membantu. Sebaliknya, saya sarankan untuk mengonsumsi jus sayuran hijau dan menambahkan sayuran pada menu makanan," saran dr Wise.

Jika anda merasa melakukan kebiasaan-kebiasaan diatas, maka sebaiknya mulai dari sekarang merubah kebiasaan jelek tersebut. Selain menghindari timbulnya jerawat dimuka, saya rasa berdampak sangat baik bagi kesehatan anda. Semoga bermanfaat.

Silahkan baca juga 5 Hal Yang Diperhatikan Pria Saat Bertemu Pertama Kali




Back To Top