bunglonstia

::Trending News ::LifeStyle ::Travelling :: Culinary

Kota Wisata Kuliner Terbaik Di Indonesia, Sumatera dan Sulawesi

Kota Wisata Kuliner Terbaik Di IndonesiaAda banyak kota wisata kuliner di Indonesia dan rasanya tidak lengkap jika tidak merasakan kuliner dari kota tersebut saat sedang melakukan travelling. Bagi seorang pecinta wisata kuliner, berburu makanan lezat disetiap daerah akan memberi kepuasan tersendiri. Aneka macam masakan, aneka macam bumbu yang menjadi makanan khas suatu daerah, merupakan daya tarik bagi traveller sejati.

kota wisata kuliner terbaik di indonesia, sumatra dan sulawesi-bunglonstia.blogspot.com


Dan sebagai bahan referensi jika anda sedang berwisata di pulau Sumatera dan Sulawesi, mari kita simak berbagai kuliner terbaik yang ada di kota- kota tersebut.


1.Bukit Tinggi


Bukit Tinggi merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Memiliki hawa yang sejuk dengan pemandangan alam yang cantik dan yang terpenting bagi traveller, Bukit Tinggi memiliki ragam kuliner yang komplit. Disini terdapat rumah makan dengan aneka jenis masakan padang yang mungkin belum pernah anda coba. Sambil menikmati hangat nya rendang ayam, itiak lado mudo, anda bisa menikmati indahnya bukit barisan yang mengelilingi Bukit Tinggi.

Picai dan Lamang Tapai, merupakan kuliner wajib yang mesti anda coba. Mungkin picai/ pecel ini tiada duanya, karena ada bahan makanan unik yang ditambahkan, yaitu rebung dan jantung pisang. Sementara lamang tapai, yaitu ketan yang dibuat dengan menggunakan bambu dan ketan hitam yang di fragmentasi. Untuk mendapatkan kedua kuliner tersebut, anda dapat berkunjung ke Pical Sikai yang terletak di lokasi wisata panorama Bukit Tinggi.

Pical Ayang, bubur manis yang terdiri dari campuran lupis, bubur lemu, candil, bubur kacang hijau kemudian disiram santan dan gula merah.

Sate danguang danguang khas payakumbuh, salah satu sate khas Sumatra Barat yang bentuk nya beda dengan sate padang. Irisan dagingnya tipis-tipis, kemudian diberi bumbu siram yang warnanya kuning dan rasanya agak manis.


2. Makassar

Terletak di Sulawesi Selatan dengan ragam kuliner yang serba nikmat. Cotto Makassar, pallu butung, pisang ijo adalah sebagian kecil dari ragam kuliner yang ada di Makassar.

Otak-otak dan pallu basa siap menggoyang lidah anda. Semangkuk mie titi panas siap menemani anda dikala merasa lapar. Lupakan diet sejenak jika anda sudah berada di kawasan kuliner di Makassar, atau anda siap gigit jari dan penasaran karena kuliner yang lezat tersebut disantap oleh orang lain.

Sop konro, dibuat dari daging sapi pilihan yang dicampur kuah sup, sedangkan Konro Bakar merupakan daging iga sapi pilihan yang dipanggang dan dipadu dengan bumbu kacang racikan khas Makassar.

Sop Saudara, merupakan varian makanan khas Makassar perpaduan daging sapi yang berkuah dan dicampur dengan bihun dan adonan kentang yang sudah digoreng.

Pallubasa, Sup daging sapi yang kuahnya dacampur dengan kelapa goreng.

Cotto Makassar, terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris dan dicampur dengan bumbu dengan bumbu yang diracik secara halus.

Mie Titi, mie kering khas chinese food. Terbuat dari mie kering lalu disiram kuah kental dengan adonan telur dan sayur-sayuran hijau.


3. Palu

Terletak di Sulawesi Tengah, kota palu siap menawarkan sop kaki sapi yang dinamakan koledo. Anda wajib menyantap kuliner tersebut jika menjadi turis yang berkunjung ke kota Palu. Sop kaki sapi disertai dengan sumsum yang lezat siap membuat anda ketagihan.

Semangkuk kaledo paling nikmat jika disantap dengan air perasan jeruk nipis dan nasi. Jangan ditanya soal rasa, setiap orang yang mencoba kuliner ini pasti mengakui kelezatannya.

Kaledo, Kaki lembu donggala adalah makanan khas masyarakat donggala. Makanan ini mirip dengan sop buntut, bedanya tulangnya dari kaki lembu dan disajikan bukan dengan nasi tapi dengan ubi. Tulangnya itu sendiri adalah ruas tulang lutut yang masih penuh dengan sum-sum.



4. Palembang

Kota ini termasuk kedalam wilayah Sumatera Selatan, memiliki aneka kuliner yang menjadi favorit bagi treveller. Anda akan disuguhkan dengan aneka makanan pempek, es kacang merah, mie telor, tempoyak dan tekwan.

Tak sulit menemukan jenis masakan yang ada di Palembang. Ada banyak penjual kuliner yang tersebar di seluruh pelosok kota dan anda bisa memilih jenis makanan yang anda inginkan.

Pempek, terbuat dari ikan dan sagu. Penyajian pempek disertai dengan saus berwarana hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka. Cuka dibuat dari air yang mendidih, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk,bawang putih, dan garam.

Tempoyak, masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Cita rasa dari tempoyak adalah asam, karena hasil dari fermentasi buah durian.

Tekwan, hidangan sup palembang yang terbuat dari ikan dan sagu yang dibuat dalam ukuran kecil-kecil dan disajikan dengan kuah udang dengan rasa yang khas. Biasanya pelengkap tekwan adalah sohun, irisan bengkoang dan jamur, serta ditaburi daun bawang, saledri dan bawang gorang.


5. Medan

Ibu kota Sumatera Utara yang merupakan surga bagi pecinta wisata kuliner, merupakan tempat asal dari bolu meranti. Kue bolu yang digulung dengan cita rasa yang manis dengan tekstur yang lembut. Bolu gulung meranti yang khas dari kota medan ini sebenarnya sama dengan bolu gulung pada umumnya. isiannya pun hampir sama dengan bolu gulung yang dijual ditoko-toko kue di Indonesia. seperti bolu gulung dengan isian selai stoberry, selai nanas, coklat dan lain sebagainya.

Durian menjadi kuliner lain yang wajib anda cicipi. Daging buah yang tebal dan manis merupakan buah andalan dari medan.

Silahkan baca juga Kuliner Khas Surabaya

Back To Top