bunglonstia

::Trending News ::LifeStyle ::Travelling :: Culinary

Kuliner Khas Surabaya Yang Wajib Kamu Ketahui

Kuliner Khas Surabaya Yang Wajib Kamu KetahuiSurabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia yang siap menanti anda untuk berwisata kuliner. Saat ini Surabaya tumbuh sebagai kota industri yang sangat pesat yang tentunya banyak keistimewaan dari kota tersebut.Berkunjung ke kota Surabaya maka, belum lengkap rasanya jika anda belum berburu kuliner khas Surabaya. Wisata kuliner di Surabaya memang terkenal dengan rasanya yang khas, mulai dari kuliner siang hingga kuliner malam. Berbagai ragam kuliner dapat anda temui di kota Pahlawan, dari mulai perkotaan hingga pedesaan.

Mau tahu apa saja makanan andalan khas kota Surabaya? Berikut ini referensi kuliner khas Surabaya.


1. Rujak Cingur

Makanan khas Surabaya ini sungguh unik dan menantang. Kuliner ini unik karena mempunya rasa ramai dan gurih, asam, manis dan pedas. Disebut menantang karena bagi yang belum pernah mencobanya akan merasa aneh ketika melihat tampilan rujak cingur, seperti sayuran dan buah-buahan yang bercampur dengan lumpur. Tapi begitu mencoba dan rasanya cocok, dijamin pasti ketagihan.

bunglonstia.blogspot.co.id
Via: www.jejakwisata.com

Rujak khas Surabaya adalah rujak cingur, yang berisi sayuran dan buah-buahan. Rujak cingur komplit terdiri dari lontong, tahu, tempe, cingur, irisan beberapa jenis buah-buahan sperti, ketimun, mangga muda, krai, bengkoang dan nanas, juga tidak ketinggalan beberapa jenis sayuran seperti, tauge, kangkung dan kacang panjang.

Kenapa makanan ini disebut rujak cingur, karena bumbu yang digunakan adalah campuran petis, udang dan cingur. Bumbu inilah yang dipakai untuk mencampur semua bahan-bahan diatas.

2. Lontong Kupang

Lontong kupang merupakan makanan hidangan sepinggan yang terdiri atas lontong , kuah petis, sate kerang dan kupang. Ada juga tambahan irisan lento ( sejenis gorengan campuran antara singkong serut, taoge dan kacang tolo ). Perpaduan petis, bawang goreng dan kupang dengan kuah asam manis yang segar menghasilkan rasa unik yang lezat. Kupang dengan tambahan lontong sangat cocok untuk dinikmati saat siang saat cuaca sedang panas.

bunglonstia.blogspot.co.id
Via:berdikarinews.com
Kupang termasuk makanan yang tidak tahan lama jadi, begitu dibuat sebaiknya disajikan hangat dan masih segar. Itulah mengapa kupang lontong yang enak adalah yang ada didekat pesisir dimana bahan- bahan pembuatannya diperoleh.


Sebagai informasi tambahan, kupang adalah binatang laut kecil seperti tiram yang banyak dibudidayakan di daerah pesisir timur jawa timur. Berwarna coklat pucat dengan kepala hitam.

Di darah Surabaya dan Sidoarjo, kupang banyak dijual secara kaki lima dan pedagang keliling disepanjang pantai Kenjeran.


3. Semanggi Surabaya

Mungkin masih banyak yang awam dengan kuliner yang satu ini. Betapa tidak, namanya kaya jalan protokol di Ibu Kota Jakarta.

Semanggi sendiri sebetulnya bukan menu utama, tapi lebih kepada jajanan untuk mengganjal perut setelah makan pagi menuju makan siang. Walaupun kuliner ini sangat sederhana, tapi soal cita rasa akan membuat lidah anda ketagihan.

bunglonstia.blogspot.co.id
Via: www.indonesiakaya.com
Makanan unik ini susah-susah gampang dicari karena, penjualnya berjualan secara berkeliling dari pagi sampai siang hari. Penjualnya mudah dikenali karena memakai jarit dan selendang untuk memanggul semanggi.

Semanggi surabaya terdiri dari dua jenis sayuran yaitu, daun semanggi dan kecambah yang direbus, disajikan dengan bumbu petis dan bumbu khas yang merupakan perpaduan dari ketela rambat, kacang tanah dan gula merah, serta dilengkapi dengan kerupuk puli.


4. Lontong Balap

Kudapan ini akan terasa tidak enak jika dinikmati di kota lain. Sebagai kuliner yang lahir dan besar di Surabaya, Lontong balapan dengan rasa yang segar memang sangat cocok dengan cuaca Surabaya yang panas.

bunglonstia.blogspot.co.id
Via: resepmasakantop.com
Makanan khas Surabaya ini terdiri dari beberapa potong lontong, tahu goreng kering, letho ( perkedel dari singkong dan kacang tanah yang digoreng ) dan tauge yang disiram dengan kuah. Pelengkap tambahan dari lontong balap adalah sate kerang dari kerang rebus kemudian disajikan menyerupai sate.

Nama lontong balapan mempunyai sebuah cerita tersendiri dalam sejarah kuliner kota Surabaya. Dahulu para penjual lontong taoge harus berjalan cepat-cepat untuk berebut pembeli di pasar Wonokromo. Dari berjalan cepat ini seolah-olah mempunyai kesan seperti sedang balapan dengan sesama penjual lainnya. Maka banyak orang menyebutnya lontong balapan.


5. Sate Kelapa Ondomohen

Berbicara soal sate kelepo di Surabaya, hampir semua orang akan tertuju pada sate kolopo ondomohen.yang berada di jalan Walikota Mustajab yang dulunya dikenal dengan jalan Ondomohen.

bunglonstia.blogspot.co.id
Via: www.kompasiana.com
Sate kelapa Ondomohen atau biasa disebut sate klopo, terdiri dari potongan daging yang sudah dipisahkan dari otot-ototnya, kemudian dibaluri dengan parutan kelapa sebelum proses pemanggangan diatas bara.

Aroma bumbu dan kelapa inilah yang membuat aroma sate ini sangat harum. Disajikan bersama serundeng dengan ditimpali sedikit rasa manis dari bumbu kacang yang halus dan kecap. Sate ini bisa dimakan bersama nasi ataupun dengan lontong. Rasanya memang enak dan empuk, bumbunya terasa sampai gigitan terakhir dan merasuk keseluruh potongan daging.


6. Tahu Tek

Jangan mengaku pecinta kuliner kalau belum mencicipi makanan khas Surabaya yang satu ini.Kalau di Jakarta, menu ini sangat mirip dengan ketoprak.

bunglonstia.blogspot.co.id
Via: www.klikhotel.com
Isiannya terdiri dari lontong, tahu goreng, telur, kecambah dan bumbu petis. Rasa manis dan pedas dari bumbu petis sangat pas disajikan dengan lontong yang mempunyai tekstur padat.

Daftar kuliner diatas merupakan nama-nama makanan yang sangat terkenal untuk daerah Surabaya. Keunikan rasanya dan kelezatannya sudah sangat melegenda sehingga banyak diburu traveller yang menginjakan kaki di kota Surabaya.

Silahkan baca juga Kota Wisata Kuliner Terbaik Di Indonesia

Back To Top