bunglonstia

::Trending News ::LifeStyle ::Travelling :: Culinary

Travel In Bali, Tips Praktis Berwisata Ke Bali

Travel In Bali, Tips Praktis Berwisata Ke BaliBali merupakan salah satu tujuan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain panorama alamnya yang indah, Bali juga juga terkenal dengan keunikan budaya dan adat istiadatnya.
bunglonstia.blogspot.co.id
Via : www.universtravel.al

Pulau Dewata mempunyai reputasi yang baik sehingga mampu menarik kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara. Berkembangnya pariwisata di pulau dewata, memicu pertumbuhan investasi dalam industri pariwisata, seperti industri perhotelan, industri kerajinan, biro perjalanan pariwisata dan semua industri wisata tersebut menawarkan kenyamanan, jasa dan ataupun produk untuk para wisatawan.

Jika anda berencana untuk melakukan perjalanan wisata ke Bali, ada baiknya menyimak beberapa tips praktis berwisata ke Bali.


1. Transportasi menuju Bali

Sangat mudah memilih jenis transportasi ke Bali, baik dengan memilih transportasi darat ataupun trasportasi udara.
Banyak promo-promo tiket murah yang coba ditawarkan oleh maskapai penerbangan domestik. Untuk informasinya dapat bertanya langsung ke agen penjualan tiket pesawat atau mengakses website penjualan tiket online.
Jalur lainnya adalah menggunakan transportasi darat, anda bisa naik bus menuju Bali terutama bagi anda yang berdomisili di pulau Jawa, NTT atau NTB. Harganya bervariatif tergantung jauhnya jarak tempuh.


2. Waktu terbaik datang ke Bali

Bali menawarkan aktivitas dan tempat wisata yang menarik, terutama wisata bahari yang menjadi tujuan favorit dari wisatawan.

Kunjungan wisatawan ke Bali terjadi disepanjang tahun jadi, anda perlu memperhatikan musim padat kunjungan atau high season, maupun Peak season. Di waktu tersebut akan terjadi kenaikan harga, tiket pesawat, rental mobil, sewa hotel. Kenaikan harga akan mencapai 25%, antara bulan Juni sampai Agustus dan bulan November sampai Januari.
Di musim padat kunjungan tersebut, bersiap-siaplah menghadapi kondisi jalanan yang lebih macet dan dan objek wisata yang lebih ramai.


3.Hotel dan destinasi

Mencari hotel sebaiknya atas rekomendasi kenalan yang pernah menginap di hotel yang anda jadikan tempat tujuan untuk beristirahat. Atau setidaknya anda bertanya kepada sopir taksi mengenai informasi hotel yang dia rekomendasikan.

Pusat keramaian di Bali adalah daerah selatan Bali, kawasan Kuta. Jika anda mencari harga hotel yang murah, dianjurkan untuk mencarinya di Gang Poppies, Jalan three Brother, Jalan Raya Tuban, Gang Puspa Ayu dan Jalan Bakung Sari. Dan jika menginginkan hotel yang mewah, bisa anda temukan di Jalan Kartika Plaza, Jalan Legian, dan Jalan Raya Kuta.

Jika anda tidak terlalu suka dengan hingar bingar dikawasan Kuta, anda bisa mencoba destinasi lain di Bali. Coba daerah Sanur, Jimbaran dan Nusa Dua yang lebih tenang. Ketiga nya berdekatan dengan pantai.
Anda juga bisa memilih penginapan di Ubud yang terkesan masih alami, namun kawasan Ubud tidak terdapat pantai dan letak nya di Kabupaten Gianyar. Di kawasan Gianyar terdapat objek wisata yang menarik, seperti Kebun Binatang, Taman Safari, Wisata Budaya, gunung dan pantai. Pilihan lainnya adalah Lovina dan Singaraja, namun dikawasan ini jauh dari Bandara.

Di Timur Bali, daya tarik paling dominan adalah Candidasa di Karangasem dengan pantai nya yang relatif belum ramai. Dan pilihan lain nya adalah Nusa Lembongan.

Sementara di Bali Barat, anda bisa menginap dikawasan Canggu yang terkenal sebagai tempat berselancar, atau disekitar Tanah Lot. Jika anda penyuka gunung, kawasan Jatiluwih atau seputar gunung Batukaru bisa menjadi pilihan.


4.Sarana Transportasi Di Bali


  • Sekarang di Bali sudah mempunyai bus kura-kura dengan depalan rute. Bus kura-kura yang merupakan model shuttle bus adalah model transportasi baru di Bali yang unik dan murah meriah. Untuk menggunakan jasa bus ini, anda diharuskan membeli tiket nya terlebih dahulu. Ada tiga jenis tiket, yaitu kura-kura coin untuk sekali jalan, Day Pass, atau Value Card untuk tiket beberapa kali jalan. Paling murah dari Rp 20 ribu untuk keliling kawasan Kuta, Seminyak dan Legian.

  • Menyewa mobil bisa menjadi pilihan untuk transportasi umum di Bali. Mungkin anda bisa menyewa mobil sekaligus sopir jika anda masih awam dengan daerah Bali. Dan durasi menyewa mobil berikut sopir dipatok selama sepuluh jam, jika lewat dari itu maka anda dikenakan tarif sewa per jam.

  • Bus Trans Sarbagita khusus melayani trayek disekitar Bali saja. Bus Trans Sarbagita berkapasitas 35 orang. Trayek koridor 1 meliputi dari Gor  Ngurah Rai—Angsoka—Melati—Surapati—Kapten Agung-PB Sudirman-Waturenggong—Sesetan—Diponegoro—Serma Durna—Serma Made Pil—Serma Mendra—Sudirman—DewiSartika—Diponegoro—Hasannudin—Jl. Udayana—Surapati—Kamboja—Angsoka—Melati—Patimura—Kamboja (Halte SMA-7). Trayek koridor 2 dari Terminal Batubulan–-WR.Supratman—By pass Ngurah Rai—Prof.I.B.Mantra—By pass Ngurah Rai—Simpang Dewa Ruci—Setiabudi Kuta—Raya Kuta–-Sentral Parkir Kuta—Imam Bonjol—Sunset Road Timur—Simpang Dewa Ruci—Bypass Nusa Dua—Nusa Dua (BTDC). Jam operasional setiap hari buka mulai Pukul 05.00—21.00 WIB. Tarif penumpang, Umum Rp 3.500 dan pelajar atau mahasiswa Rp 2.500,-.

  • Pilihan transportasi lain nya adalah dengan menggunakan jasa ojeg. Sangat cocok bagi anda yang berwisata sendiri dan jangan lupa melakukan negosiasi harga sewa ojeg untuk mengantar anda berkeliling seharian.

  • Di Bali, taksi sangat mudah didapat. Anda bisa menelpon jasa taksi kapan saja. Agar aman saat anda naik taksi, pastikan anda menaiki taksi yang berargo, kebanyakan taksi di Bali apaki argo. Namun jika sudah melewati jam 12 malam, anda harus berani tawar menawar.




5.Tempat makan

Kawasan Jalan Raya Tuban dan Jalan Teuku Umar termasuk kawasan terkenal untuk wisata kuliner. Coba juga makanan khas bali yaitu nasi jinggo, isi nya nasi, kacang tempe, ayam suwir dan sambal, seperti nasi kucing ala Yogyakarta.


Hargai dan ikuti adat istiadat setempat. Gunakan pakaian yang sopan. Beberapa tempat juga mewajibkan anda memakai sarung dan seteng. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata ke Bali.




Back To Top